MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 6 No 1 (2019): Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Batseba Sipahelut (SMP Negeri 2 merauke)
Markus Palobo (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2019

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran Guided inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Merauke tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan metode tes. Instrumen lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa dalam pembelajaran matematika, dan instrumen tes berupa tes pilihan ganda dan essai untuk mengukur prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa pada siklus I rata-rata 67,6 dengan persentase ketuntasan klasikal 28,5% meningkat pada siklus II menjadi rata-rata 73,31 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Guided inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IX B SMP Negeri 2 Merauke. Kata Kunci: Guided inquiry, prestasi belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

magistra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Musamus menerima artikel hasil hasil penelitian di bidang keguruan dan ilmu pendidikan yang meliputi bidang pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi, pendidikan bahasa ...