Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 2 No 2 (2015): Desember 2015

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN PADA MATERI MENYAMPAIKAN KEMBALI ISI PENGUMUMAN YANG DIBACAKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE TERSARANG (NESTED)

Setiana Solehah (Alumni Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Uyu Mu’awwanah (Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2015

Abstract

Permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Sirih Lor adalah kurangnya keterampilan siswa dalam kegiatan mendengarkan dan kesulitan dalam menangkap topik yang diajukan oleh guru untuk diceritakan kembali khususnya dalam pembelajaran menyampaikan kembali isi pengumuman yang dibacakan. Hal tersebut disebabkan penggunaan model pembelajaran yang variatif. Permasalahan tersebut perlu adanya suatu cara atau model pembelajaran yang dianggap menarik, menyenangkan serta bervariatif sehingga diharapkan terjadi peningkatan terhadap aktivitas dan hasil belajar keterampilan mendengarkan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan pada hasil belajar yang awalnya pada prasiklus hanya mencapai nilai rata-rata 42 dan setelah peneliti menggunakan model Pembelajaran Terpadu Tipe Tersarang (nested) siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran khususnya dalam keterampilan mendengarkan. pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 60,90 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilairata-ratanya mencapai 76,81.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ibtidai

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ...