BIORMATIKA : JURNAL ILMIAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Vol. 5 No. 01 (2019): BIORMATIKA

PENERAPAN HYPNOTEACHING MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENGETAHUI MOTIVASI BELAJAR SISWA

ASEP HABIBI (FKIP Universitas Subang)
NITA DELIMA (FKIP Universitas Subang)
YANRY BUDIANINGSIH (FKIP Universitas Subang)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan hypnoteaching melalui model discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis serta mengetahui motivasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dengan bantuan hypnoteaching lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori; (2) Mengetahui sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika dengan menggunakan model discovery learning dengan bantuan hypnoteaching; (3) Mengetahui motivasi belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan model discovery learning dengan bantuan hypnoteaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini terdiri dari dua kelas, kelas pertama sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori dan kelas kedua sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan hypnoteaching. Adapun data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis, angket sikap, dan angket motivasi belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

FKIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

BIORMATIKA adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Ruang lingkup jurnal ini meliputi bidang Ilmu Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Reksreasi serta bidang ilmu pendidikan lainnya. ...