Jurnal Basicedu
Vol 3, No 2 (2019): In Press

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI METODE JIGSAW DENGAN MEDIA POP UP DI KELAS III SDN 11 AIR KALAM

Herawani, Nelli (Unknown)
Hadiyanto, Hadiyanto (Unknown)
Fitria, Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peningkatan penelitian belajar jenis-jenis pekerjaan melalui metode jigsaw dengan media pop up di kelas III SDN 11 Air Kalam. Masalahnya guru lebih dominan menggunakan metode ceramah dalam membahas materi. Ini terjadi karena melibatkan media yang sesuai untuk pembelajaran di sekolah tentang siswa yang kurang menyukai dan kurang termotivasi, sehingga hasil belajarnya pun belum mencapai target KKM yang ditentukan yaitu 70. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian tindakan yang Dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Perencanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Subjek penelitian siswa kelas III SDN 11 Air Kalam yang diperoleh 20 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes belajar. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu 56,36, meningkat pada siklus I yaitu 66,82, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,36. Persentase ketuntasan pada siklus I 68% dan siklus II 82%. Dapat menyimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan metode jigsaw dengan media pop up dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi yang diterima jenis-jenis pekerjaan. Persentase ketuntasan pada siklus I 68% dan siklus II 82%. Dapat menyimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan metode jigsaw dengan media pop up dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi yang diterima jenis-jenis pekerjaan. Persentase ketuntasan pada siklus I 68% dan siklus II 82%. Dapat menyimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan metode jigsaw dengan media pop up dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi yang diterima jenis-jenis pekerjaan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...