Setiap proses pasti selalu meliputi tiga kegaiatan utama yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Demikian pula yang terjadi dengan proses belajar mengajar di sekolah. Seorang guru diharuskan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Proses perencanaan pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang guru meliputi kegiatan utama membuat program tahunan. membuat program semester. membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan kepada hasil analisa pada tahun pelajaran 2016/2017, muncul permasalahan rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan RPPH. Untuk meneliti lemahnya kinerja guru dalam hal tersebut, dilakukanlah penelitian untuk melihat sejauhmana langkah supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Adapun kegiatan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui efektivitas upaya peningkatan keterampilan guru dalam penerapan Supervisi dan Kompetensi Guru dalam Penyusunan RPPH di Taman Kanak-Kanak Asyiyyah IV. Sedangkan secara umum, tujuan kegiatan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk peningkatan kualitas proses dan hasil belajar di Taman Kanak-Kanak Asyiyyah IV.
Copyrights © 2019