Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan pendekatan komprehensif oleh guru matapelajaran PPKn di SMP Islam terpadu Al Furqon Palembang. penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini sebanyak enam orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Uji keabsahan data dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diketahui bahwa penerapan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan pendekatan komprehensif pada proses pembelajaran PPKn di SMP Islam Terpadu Al Furqon Palembang adalah baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya pendekatan komprehensif yang diterapkan oleh guru matapelajaran PPKN, yaitu guru di setiap proses pembelajaran menanamkan nilai-nilai yang berkaitan dengan matapelajaran PPKn, menjadi teladan peserta didik, fasilitasi , dan mengembangkan keterampilan akademik dan sosial peserta didik.Kata kunci: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendekatan Komprehensif, Pembelajaran PPKn
Copyrights © 2018