JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
Vol 5, No 1 (2019): Mei 2019 IN PROGRESS

PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN BERTANYA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS LESSON STUDY

Miharja, Fuad Jaya (Unknown)
Hindun, Iin (Unknown)
Fauzi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2019

Abstract

Keterampilan berpikir siswa perlu dikembangkan melalui kegiatan pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat penerapan model pembelajaran PBL modifikas pada mata pelajaran biologi melalui kegiatan lesson study. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Malang dengan melibatkan terdiri atas siswa-siswi XI MIPA 10 sebagai subjek serta melibatkan empat guru dan empat dosen perguruan tinggi sebagai tim LS. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan instrumen lembar observasi pembelajaran serta lembar evaluasi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran PBL modifikasi berbantuan media “sangkar hati” diindikasikan mampu meningkatkan keterampilan bertanya siswa, motivasi belajar siswa, serta mengatasi alokasi pembelajaran yang terbatas. Melalui studi ini, diharapkan pengimplementasian PBL maupun penerapan kegiatan LS dapat dibiasakan diselenggarakan di berbagai sekolah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jinop

Publisher

Subject

Education

Description

JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the ...