Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 10, No 2: Edisi Juli 2019

Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Socrates Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Bombana

Siska Damayanti Syukur (Alumnus Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Kadir Kadir (Jurusan Pendidikan Matematika FKIP dan PPS Universitas Halu Oleo)
Anwar Bey (Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo)
Rahmad Prajono (Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan metode pembelajaran Socrates, 2) gambaran kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Socrates 3) pengaruh metode pembelajaran Socrates terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVIII MTs Negeri 2 Bombana yang tersebar pada lima kelas paralel, dengan jumlah siswa sebanyak 180 orang.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum diajar menggunakan metode pembelajaran Socrates diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pretest bernilai rata-rata sebesar 27,02 sedangkan kemampuan berpiki rkreatif matematis siswa pada posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,80.Varians pada saat pretest adalah sebesar 170,389 dan varians pada saat posttest adalah sebesar 295,003. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Bombana mengalami peningkatan atau lebih baik setelah diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Socrates

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...