Jurnal Ilmiah Mahasiswa Veteriner
Vol 3, No 3 (2019): MEI - JULI

DETEKSI BAKTERI Salmonella sp PADA IKAN ASIN TALANG-TALANG (Scomberoides tala) DI KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR (Detecion of Bacteria Salmonella sp. on Talang-Talang Salt Fish (Scomberoides tala) at Leupung Aceh Besar Regency)

Bahagia Melawati (Unknown)
Fakhrurrazi Fakhrurrazi (Unknown)
Mahdi Abrar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekteksi cemaran bakteri Salmonella sp pada ikan asin talang-talang (Scomboroides tala) yang di jual di Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan 8 sampel ikan asin talang–talang yang di ambil di 4 pedagang. Semua sampel dibawa ke Laboratorium Mikrobiologi FKH Universitas Syiah Kuala, ikan digerus kemudian dimasukkan ke dalam media Selenyte Cystein Broth (SCB) diinkubasi pada suhu 37°C selama 24 jam. Selanjutnya dilakukan penanaman pada media selektif Salmonella Shigella Agar (SSA) dan diinkubasi pada suhu 37°C selama 24 jam kemudian dilakukan pewarnaan Gram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 8 sampel ikan asin talang-talang yang diisolasi tidak ditemukan bakteri Salmonella sp. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ikan asin talang-talang yang dijual di Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar Tidak tercemar bakteri salmonella sp.(The salted fish is the fish that have been preserved using salt to prevent contaminated with microorganism. The aim of this study was to isolate salmonella sp. on 8 Talang-Talang salted fish at  Leupung District Aceh Besar Regency. The bacterial isolation was done by blending the sample using the sample that had been blended then cultivated in Selenit Cyistem Brooth (SCB), homogenated and incubated at temperature 37ᵒC for 24 hours. Then each sampel was fertilized on Salmonella shigella Agar  (SSA) media and incubated at 37ᵒC for 24 hours. The result of this research shoed that there is no Salmonella sp bacteria on Talang-Talang salted fist at Village Leupung District Aceh Besar Regency.)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

FKH

Publisher

Subject

Veterinary

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Veteriner merupakan media elektronik yang digunakan sebagai wadah penyebaran hasil-hasil penelitian dari skripsi/tugas akhir mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala yang ditulis bersama dengan dosen pembimbingnya. Naskah/artikel yang diterbitkan telah ...