CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol. 7 No. 1: Maret 2019

Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama

Abdul Sakban (Universitas Muhammadiyah Mataram)
Wahyudin Wahyudin (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2020

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkadang dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan dan tidak menarik oleh siswa. Hal ini terjadi karena di karenakan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar guru hanya menggunakan metode klasik dan guru yang tidak dapat menyesuaikan kondisi siswa dengan materi pembelajaran yang selalu dinamis. Untuk itu, diperlukan alternatif model pembelajaran yang diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang memungkinkan belajar secara optimal adalah menggunakan cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan sekolah menengah pertama. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 57 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil analisis menunjukan bahwa hasil uji t diperoleh thitung =3,523. Hasil uji t tersebut kemudian di konsultasikan pada ttabel. Dengan taraf signifikan 5% dan db = 24 diperoleh ttabel =1,998 karena thitung ≥ ttabel maka hipotesis di terima dengan demikian terdapat pengaruh penerapan model cooperative learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. Jadi semakin tinggi menggunakan variasi model pembelajaran semakin tinggi pula dampak hasil belajar siswa. Pancasila and Citizenship Education is sometimes considered a dull and uninteresting subject by students. The happens because the implementation of teaching and learning activities teachers only use classical methods and teachers who cannot adjust the conditions of students with learning materials that are always dynamic. For this reason, we need an alternative learning model that is applied to improve student learning outcomes that enable optimal learning is to use cooperative learning Type Numbered Head Together (NHT). The purpose of the study was to determine the effect of the application of Cooperative Learning models Type Numbered Head Together (NHT) on the learning outcomes of Pancasila education and junior high school citizenship. The research method uses quantitative research with an experimental approach. The research sample amounted to 57 students, the technique of collecting data used observation, tests, and documentation. Data analysis method uses the t-test formula. The results of the analysis show that the results of the t-test were obtained t = 3.523. The results of the t-test are then consulted on the table. With a significant level of 5% and db = 24 derived t table = 1.998 because t-count label t-table then the hypothesis is accepted thus there is an effect of applying the cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) to the learning outcomes of Junior High School Pancasila and Citizenship Education. So the higher the variety of learning models using the more senior the impact of student learning outcomes.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

CIVICUS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Civicus merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram dengan e-ISSN 2614-509X dan p-ISSN 2338-9680. Adapun kajian publikasi jurnal Civicus yakni (1) Ilmu ...