JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif

ANALISIS KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN (STUDI EMPIRIS PADA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DI KELURAHAN CINERE KOTA DEPOK)

Udin Ahidin (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2019

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam di Kelurahan Cinere Kota Depok, untuk mengetahui keputusan orang tua siswa memilih lembaga Pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam di Kelurahan Cinere Kota Depok, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan orang tua siswa memilih lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam di Kelurahan Cinere Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan asosiatif dengan pengujian Hipotesis. Populasi dalam penelitian ini orang tua siswa TK Islam di Kelurahan Cinere Kota Depok sebanyak 920 orang. Sampel yang ditetapkan sebanyak 90 orang. Metode pengumpulan data observasi, studi kepustakaan dan angket. Metode analisis data: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Korelasi Product Moment, Uji Determinasi, dan Uji Signifikansi (Uji t). Penelitian ini hasilnya menunjukan bahwa kualitas Pelayanan pada lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam Di Kelurahan Cinere Kota Depok dipersepsikan sangat baik skor rata-rata sebesar 4,66 masuk pada skala interval 4,20-5,00 dengan interpretasi sangat baik. Tingkat keputusan orang tua siswa memilih lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam Di Kelurahan Cinere Kota Depok dipersepsikan sangat tinggi, rata-rata skor keputusan memilih sekolah sebesar 4,68 masuk pada skala interval 4,205,00 dengan interpretasi sangat tinggi. Ada Pengaruh positif kuat dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan orang tua siswa memilih lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam di Kelurahan Cinere Kota Depok. Hal ini dibuktikan oleh nilai koefesien regresi linier sederhana Y = 8,278 + 0,803 X. Nilai Koefesisen Korelasi r = 0,665. Nilai Koefesien Determinasi KD=44,3 % dan Nilai t hitung > t tabel (8,360>1,662). Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Keputusan Orang Tua Siswa Memilih Lembaga Pendidikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu ...