Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penalarananalogi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah keliling dan luas segiempat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VII SMPN 2 Malang. Pemilihan subjek berdasarkan kemampuan matematika siswa yang terdiri dari siswa kategori tinggi, rendah dan sedang. Kemampuan matematika siswa dilihat dari nilai raport matematika semester sebelumnya dan berdasarkan rekomendasi dari guru kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes penalarananalogi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menggambarkan bahwa siswa kategori tinggi mampu melakukan semua komponen penalaran analogi baik pada pengodean (encoding),penyimpulan (inferring), pemetaan (mapping) maupun penerapan (applying) dengan baik. Siswa kategori sedang cendrung mengalami hambatan penalaran analogi pada komponen pemetaan (mapping) dan penerapan (applying). Siswa kategori rendah mengalami hambatan pada semua komponen penalaran analogi baik pada pengodean (encoding),penyimpulan (inferring), pemetaan (mapping) maupun penerapan (applying).
Copyrights © 2017