Jurnal penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasi gerakan literasi di SMAN 3 Yogyakarta yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengelolaan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasi gerakan literasi sekolah di SMAN 3 Yogyakarta.  Mengetahui dampak pengelolaan kepemimpinan kepala sekolah dalam mengimplementasi gerakan literasi sekolah di SMAN 3 Yogyakarta. Subjek Penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Pegawai Perpustakaan, dan siswa. Teknik pengumpulan data melaui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data melalui trianggulasi meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini untuk menumbuhkan minat membaca siswa dan menghasilkan karya-karya literasi dan tumbuhnya budaya literasi pada kalangan siswa, terilihat dari hobi membaca, membuat antologi cerpen, antologi puisi, dan sering mengikuti lomba baca puisi dan karya literasi lainnya.Kata kunci: pengelolaan, implementasi dan Gerakan Literasi
Copyrights © 2019