Jurnal Manajemen Komunikasi
Vol 3, No 2 (2019): Accredited by Republic Indonesia Ministry of Research, Technology, and Higher Ed

UNSUR BUDAYA DALAM MEDIA SOSIAL: STUDI PADA FACEBOOK KANG DEDI MULYADI

Ainun Soffani (Universitas Telkom)
Catur Nugroho (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2019

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, kebudayaan sedikit demi sedikit mulai pudar dan terlupakan. Tergantikan dengan penggunaan media sosial dan perangkat elektronik lainnya. Kemudian hal tersebut di manfaatkan oleh para pejabat- pejabat publik di Indonesia guna menjalin hubungan dengan masyarakat yang salah satunya adalah Dedi Mulyadi yang mana merupakan bupati daerah Purwakarta. Media sosial khususnya adalah Facebook dimanfaatkannya untuk lebih mengenalkan budaya Sunda kepada masyarakat luas dengan selalu dibawanya unsur budaya dalam setiap unggahannya. Tentu saja terdapat dampak dari adanya unggahan mengenai unsur kebudayaan tersebut yakni munculnya pendapat masyarakat mengenai citra diri yang terbentuk yakni sebagai pemimpin yang syarat akan kebudayaan. Penelitian ini memiliki fokus penelitian unsur budaya pada media sosial Facebook Dedi Mulyadi dan citra diri yang terbentuk dari unggahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja unsur kebudayaan Sunda yang terdapat dalam unggahan Dedi Mulyadi di akun media sosial Facebook dan untuk mengetahui kaitan antara unggahan media sosial Facebook milik Dedi Mulyadi dengan penciptaan citra diri yang terbentuk dari unggahan media sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, dengan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif bersifat deskriptif dengan pendekatan Studi Etnografi Virtual. Kemudian dari pada itu, hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa unsur budaya Sunda yang terkandung dalam media sosial yakni Facebook milik Dedi Mulyadi berupa sistem teknologi dan peralatan, sistem mata pencaharian dan sistem- sistem ekonomi, bahasa, dan kesenian, serta citra diri sebagai pemimpin yang syarat akan budaya Sunda terbentuk melalui unggahan dengan unsur budaya Sunda tersebut.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

manajemen-komunikasi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Manajemen Komunikasi ISSN 2548-3242 and eISSN 2549-0079 contains articles written from research and study reports on Communication Management. Jurnal Manajemen Komunikasi incorporate with Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Pengda Jawa Barat. JMK is published twice annually ...