Jurnal Manajemen Komunikasi
Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Manajemen Komunikasi Vol. 1 No.1 Otober 2016

HUBUNGAN ANTARA PESAN KAMPANYE 9 AKSI RAMAH LINGKUNGAN DI AKUN TWITTER EARTH HOUR BANDUNG DENGAN SIKAP FOLLOWERS AKTIF TERHADAP GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN

Uud Wahyudin (Prodi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad)
Mailany Putri Dwi Handayani Ronauli (Earth Hour Bandung)
Funny Mustikasari Elita (Prodi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad)
Ira Mirawati (Prodi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara pesankampanye 9 aksi ramah lingkungan di akun twitter Earth Hour Bandung dengan sikap followers aktif terhadap gaya hidup ramah lingkungan. Pesan kampanye 9 aksi ramah lingkungan diturunkan menjadi 2 sub variabel yaitu relevansi pesan dan urgensi pesan,sedangkan sikap diturunkan menjadi 3 sub variabel yaitu komponen kognitif, komponenafektif, dan komponen konatif. Metode yang digunakan adalah metode korelasionaldengan uji statistik pearson product moment. Teknik pengumpulan data dilakukandengan menyebarkan angket kepada responden, yang dimana dalam penelitian ini yaitu followers aktif akun twitter Earth Hour Bandung. Responden ditentukan melalui tekniksampling random sederhana, dari keseluruhan populasi sebanyak 215 followers aktif,didapat 140 followers aktif sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat hubungan yang kuat antara pesan kampanye 9 aksi ramah lingkungan di akun twitter Earth Hour Bandung dengan sikap followers aktif terhadap gaya hidup ramahlingkungan. Terdapat hubungan yang kuat antara sub variabel relevansi pesan dengankomponen kognitif, komponen afektif, dan komponen konatif. Terdapat hubungan yangkuat antara urgensi pesan dengan komponen kognitif, komponen afektif, dan komponenkonatif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

manajemen-komunikasi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Manajemen Komunikasi ISSN 2548-3242 and eISSN 2549-0079 contains articles written from research and study reports on Communication Management. Jurnal Manajemen Komunikasi incorporate with Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Pengda Jawa Barat. JMK is published twice annually ...