Communication
Vol 5, No 2 (2014): COMMUNICATION

REPRESENTASI MAKNA VISUAL POSTER FILM RELIGIUS ( Studi Semiotika Poster Charles S. Pierce Pada Film 99 Cahaya di Langit Eropa )

SUWARNO SUWARNO (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2014

Abstract

Poster film merupakan media promosi utama dan terdepan yang berhadapan langsung dengantarget audiens dalam menyampaikan informasi pesan sebelum peluncuran sebuah film.Dengan demikian, maka visualisasi poster yang mencakup komponen bahasa verbal dan nonverbal harus mendapatkan perhatian yang serius dalam perancangannya. Seperti halnyaposter film 99 Cahaya di Langit Eropa yang secara perdana di rilis pada 5 Desember 2013.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan ranah interdisipliner karenamampu memadukan berbagai disiplin ilmu dalam pembahasannya. Analisis kualitatif di siniberusaha melihat lebih dalam objek penelitian dengan konsep Islam sebagai landasanideologis dalam pemaknaan tanda. Sedangkan metode yang digunakan sebagai pisau analisidalam penelitian ini adalah metode semiotika Charles Sanders Peirce dengan konsep segitigamakna, di mana tanda dibentuk oleh hubungan segitiga yaitu representamen yang oleh Peircedisebut juga (sign) berhubungan dengan object yang dirujuknya. Nah, hubungan tersebutmembuahkan interpretan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tampilan verbal danvisual dari film 99 Cahaya di Langit Eropa ini menjelaskan tanda-tanda kebudayaan dankejayaan Islam di Eropa serta citra muslim yang sangat mulia serta mencerminkankeselarasan dan keserasian karakteristik tampilan visual poster film.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

comm

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Communication published by the Communication Studies Program, Univ. Budi Luhur, twice a year. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange, knowledge based on development, and the study of Communication Sciences and its relation to various other scientific ...