Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn Materi Sistem Pemerintahan Pusat di Kelas IV MIS Al-Khairat Tahun Ajaran 2017/2018. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama dua Siklus. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model kooperatif Tipe Jigsaw. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dengan menerapkan Siklus I dan Siklus II. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa. Dari 30 Siswa yang mendapat hasil belajar tuntas secara individu adalah 19 orang dengan persentase 63,33% dan tidak tuntas 11 orang dengan persentase 36,67% dapat dikatakan belum tuntas secara klasikal dan rata-rata hasil belajarnya pada siklus I adalah 67,42. Kemudian peneliti melakukan perbaikan pada siklus II maka diperoleh data dari 30 siswa hasil belajar siswa meningkat yaitu 26 siswa tuntas dengan persentase 86,67% dan 4 siswa tidak tuntas dengan persentase 13,33% maka dapat dinyatakan tuntas secara klasikal karena kriteria ketuntasan klasikal ≥85%. Hasil pengujian dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2018