Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa mulai dari tingkat dasar sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Kendari, khususnya pada materi pokok statistika, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa menjadi pasif dan kurang kreatif. Think Pair Share (TPS) adalah salah satu alternatif pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh kesimpulan sampel berdistribusi normal dan mempunyaivarians yang sama, sehingga untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Berdasarkan uji ketaksamaan rata-rata diperoleh t hitung = 6,519 sedangkan ttabel = 1,669. Karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak. Ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol.Kata Kunci: efektivitas;hasil belajar; think pair share0
Copyrights © 2015