Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2015)

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK STATISTIKA PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 KENDARI

Wa Ode Nini (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Mohammad Salam (Unknown)
La Masi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa mulai dari tingkat dasar sampai ke jenjang yang lebih tinggi. Pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Kendari, khususnya pada materi pokok statistika, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang membuat siswa menjadi pasif dan kurang kreatif. Think Pair Share (TPS) adalah salah satu alternatif pembelajaran untuk mengatasi hal tersebut. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh kesimpulan sampel berdistribusi normal dan mempunyaivarians yang sama, sehingga untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Berdasarkan uji ketaksamaan rata-rata diperoleh t hitung = 6,519 sedangkan ttabel = 1,669. Karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak. Ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata  hasil belajar kelas kontrol.Kata Kunci: efektivitas;hasil belajar; think pair share0

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...