Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2015)

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KENDARI

Novita Silvany Palino (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Ikman . (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan komunikasi matematik siswa VIII SMP Negeri 5 Kendari sebelum dan setelah diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan pembelajaran konvensional serta mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasimatematik antara siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan, (1) Pada kelas eksperimen dan kelaskontrol indikator kemampuan komunikasi matematik yaitu menyatakan situasi, gambar, diagram kedalam bahasa atau simbol matematika merupakan indikator dengan peningkatan tertinggi sedangkan indikator kemampuan komunikasi matematik yaitu menyusun simbol atau mengungkapkan pendapat serta memberikan penjelasan atas jawaban, (2) Peningkatan kemampuankomunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik secara signifikan daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.Kata Kunci: think pair share; komunikasi matematik; konvensional

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...