Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2016)

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 10 KENDARI PADA MATERI PANGKAT, AKAR DAN LOGARITMA

Aufal Kausar (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Kadir Tiya (Unknown)
Utu Rahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 10 Kendari pada materi pangkat, akar dan logaritma melalui pendekatan pembelajaran problem posingDari hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika siswadapat ditingkatkan. Hal ini diketahui pada tes awal, sebanyak 3 orang siswa atau sekitar 10% siswa berhasil mencapai nilai diatas  KKM yaitu 65. Pada siklus I sebanyak 11 orang siswa atau sekitar37% siswa memperoleh nilai diatas  KKM yang menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajarmatematika siswa pada hasil tes siklus I sebesar 27% (8 siswa) dibandingkan hasil tes awalKemudian terjadi peningkatan sebesar 30% (9 siswa) pada hasil tes siklus II yaitu 20 siswa atau sekitar 67% siswa memperoleh nilai diatas KKM. Pada hasil tes siklus III menunjukkan 27 siswaatau sekitar 90% siswa memperoleh nilai diatas  KKM. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa sebesar 23% (7 siswa).Kata Kunci: pembelajaran problem posing, hasil belajar matematika, logaritma

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...