Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2017)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PENGAJUAN MASALAH (PROBLEM POSING) PADA MATERI AJAR SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Septi Fajriati (Unknown)
Kadir Tiya (Unknown)
Utu Rahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 14 Kendari melalui pendekatan pengajuan masalah pada materi ajar sistem persamaan linear dua variabel. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 20 siswa dari 37 siswa (54,05%) yang memperoleh nilai ≥ 67 dengan rata-rata 62,91. Hal ini belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Pada siklus II jumlah siswa yangmencapai ketuntasan belajar secara individu meningkat dari 20 siswa menjadi 30 siswa (81,08%) yang memperoleh nilai ≥ 67 dengan rata-rata 76,64. Hal ini telah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu minimal 75% siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasilobservasi, evaluasi, dan refleksi pada setiap tindakan kelas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan pengajuan masalah (problem posing) maka hasil belajar siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 14 Kendari pada materi ajar sistem persamaan linear dua variabel dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat pada pencapaian persentase pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa sudah terlaksana dengan baik sebesar 85%.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...