Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII SMPN 8 Kendari, (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII SMPN 8 Kendari, (3) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII SMPN 8 Kendari. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpula bahwa hasil belajar matematika siswa kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pokok bahasan SPLDV memiliki nilai rata-rata 65,66,standar deviasi 20,70, varians 428,7, maka dari data menunjukkan hasil belajar siswa mempunyai kemampuan yang heterogen. Kata kunci: belajar matematika; pembelajaran kooperatif; numbered heads together
Copyrights © 2013