Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh?pendekatan scientific terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika?siswa SMP Negeri 2 kendari dengan populasi yang terdiri dari 9 kelas paralel. Teknik pengambilan?sampel dalam penelitian dilakukan secara purposive sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas?kontrol dilakukan secara random kelas. Diperoleh kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan Kelas?VII F?sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis?inferensial.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupalembar observasi dan instrumen kemampuan berpikir kritis matematik siswa berbentuk tes uraian.?Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan: Terdapat perbedaan pengaruh model?pendekatan scientific terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematikaantara kelas eksperimen dan kelas kontrol di kelas VII SMP Negeri 2 Kendari. Dengan demikian, ?terdapat pengaruh pendekatan Scientific terhadap kemampuan berpikir kritis matematik siswa.Kata Kunci : pendekatans scientific; berpikir kritis; pembelajaran matematika
Copyrights © 2015