Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 2, No 3 (2014)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN STAD PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KENDARI

Sri Hariati (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
La Ndia (Unknown)
Utu Rahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT ,(2) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD,(3) Bahwa prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan STAD. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan; (1) Prestasi belajar matematika siswa kelas VIIE yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT memiliki nilai rata-rata 62,54,  maka dari data menunjukkan prestasi belajar siswa  tergolong cukup, (2) Prestasi belajar matematika siswa kelas VIID yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki nilai rata-rata 44,24, maka dari data  menunjukkan prestasi belajar siswa tergolong kurang.(3) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan pada kelas VII SMPN 2 Kendari 2012/2013. Kata Kunci: kooperatif tipe TGT; kooperatif tipe STAD; prestasi belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...