Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2015)

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA SMP NEGERI 9 KENDARI

Dwi Fatmah Saputri (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Kadir . (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) kemampuan berpikir matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (2) kemampuan berpikir matematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) perbedaan kemampuan berpikir matematik antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran ProblemBased Learning (PBL)dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan. Pertama: gambaran kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning tergolong tinggi dengan hasil tes kemempuan berpikir kreatif siswa mencapai 63,17. Kedua: Gamabaran kemampuan berpikir kreatif matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional tergolong sedang dengan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa mencapai 53,41. Ketiga: Kemampuan berpikir matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada kemampuan berpikir matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.Kata Kunci: problem based learning; pembelajaran konvensional; berpikir kreatif matematik

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...