Kemampuan mesin dalam mempertahankan performa terhadap penggunaan berulang merupakansalah satu hal penting dalam perancangan permesinan. Gesekan antar komponen mesin yang salingkontak menjadi fenomena yang sering menyebabkan penurunan performa dari mesin. Hal itudisebabkan oleh terjadinya aus pada komponen yang saling kontak tersebut. Salah satu cara yangefektif untuk mengurangi keausan komponen adalah dengan memberikan pelumas. Minyakpelumas mempunyai karakteristik yang berbeda-beda disesuaikan dengan penggunaan dan kondisilingkungannya. Kurva Stribeck merupakan kurva hubungan antara koefisien gesekan danlubrication number yang dapat digunakan untuk mengetahui karakteristik dari minyak pelumas.Pelumas jenis 15W-40 merupakan salah satu jenis pelumas yang cocok digunakan di iklim tropisseperti di Indonesia. Penelitian ini akan difokuskan pada analisa kurva Stribeck pelumas jenis15W-40 produk dalam negeri menggunakan tribometer pin-on-ring. Pengujian dilakukan darikecepatan 2-250 rpm dengan temperatur dikondisikan 40oC, beban yang diberikan 100 N, danviskositas yang digunakan 0,09924 Pa.s. Penelitian dilakukan selama kondisi running-in, yaitu darikondisi awal sampai kondisi tunak (steady state). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwakondisi running-in terjadi sampai pada pengujian keenam. Semakin besar kecepatan yangdiberikan, maka koefisien gesek yang dihasilkan semakin kecil. Regime yang terbentuk dalamkurva Stribeck pada penelitian ini adalah boundary lubrication dan mixed lubrication.
Copyrights © 2014