Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses penanaman nilai moral pada pembelajaran PPKn siswa di MTs Negeri 2 Kendari. 2) Faktor-faktor yang menghambat penanaman nilai moral pada siswa di MTs Negeri 2 Kendari. 3) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam penanaman nilai moral pada siswa di MTs Negeri 2 Kendari.  Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Sampel penelitian adalah siswa MTs Negeri 2 Kendari sebanyak 169 orang. Informan penelitian terdiri dari 2 orang guru PPKn, Kepala Madrasah, Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan, guru BK, Ketua OSIS dan Pengawas sekolah. Pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan:  1) Proses penanaman nilai moral pada siswa dalam pembelajaran PPKn dilakukan melalui penanaman nilai kejujuran, toleransi, sikap bijaksana, sikap menghormati diri sendiri, kedisiplinan, sikap untuk tidak merendahkan diri, sikap berbelas kasihan pada diri sendiri, sikap kerjasama, dan sikap keberanian dalam proses belajar mengajar. 2) Faktor-faktor yang menghambat penanaman nilai moral pada siswa dalam pembelajaran PPKn berdasarkan sisi: faktor rasa takut siswa, iman dan takwa yang kurang, adanya kelompok-kelompok yang dibentuk siswa, dan kurangnya kepedulian terhadap keanekaragaman, membeda-bedakan dalam pertemanan, 3) Upaya yang dilakukan oleh guru adalah pembinaan pada saat apel pagi, memberikan pengarahan pentingnya toleransi, menjelaskan arti pentingnya keberagaman, menekankan sikap percaya diri, menginstruksikan apel pagi, memberikan kesempatan kepada siswa tampil di depan kelas, menyampaikan keberadaan manusia sebagai makhluk sosial, dengan memberikan model pembelajaran yang tepat, keikutsertaan siswa pada ekstra kulikuler.Kata Kunci: Penanaman Nilai Moral; Pembelajaran PPKn
Copyrights © 2019