Stabilita : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo Kendari
Vol 2, No 1 (2014): STABILITA || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil

APLIKASI METODE TRANSPORT ROAD AND RESEARCH LABORATORY (TRRL) DALAM MENGANALISIS BESARAN TINGKAT KEBISINGAN LALULINTAS PADA JALAN M. T. HARYONO KOTA KENDARI (Studi Kasus : Simpang Ade Swalayan – Simpang Pasar Baru)

Susanti Djalante (Universitas Halu Oleo)
Siti Nurjanah Ahmad (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2014

Abstract

AbstractThis paper aims to determine the traffic noise that occurs on the MT Haryono street (intersection from Ade Swalayan to Pasar Baru). The data was collected from traffic volume, vehicle speed, road gradient, sound source and building barrier. The method used for noise calculations is based on "The Book of Calculation of Road Traffic Noise" published by the Department of Transport, Welsh Office, HMSO, 1988, where the road is divided into 5 segments. This paper  resulted  that the highest noise levels on weekdays / Monday  occurred  in the Segment I (Mega Matahari), accounted for  68.78 dB (A), while the lowest  noise values on weekdays / Wednesday  was  about  58.16 dB ( A). Both of these values are still below of noise quality standards suggested by Decree of Minister of Environment No. 48 of 1996, which is 70 dB (A). In addition, noise level predicted  on Segment  4 in front of Lippo Plaza increased to 60.34 dB (A). Thus,  the values of   noise  level  both of  existing conditions and  predicting conditions  in  Lippo Plaza  are  still under the noise  quality standard  that  means that noise occur  is  still acceptable without any interruption.Key words: Noise, Segment area, Lippo Plaza AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebisingan lalu lintas yang terjadi di jalan MT Haryono (Simpang Ade Swalayan-Pasar Baru). Data yang digunakan adalah data survey lalu lintas pada hari kerja dan hari libur, kecepatan kendaraan, gradient jalan, jarak penerima sumber bunyi dan bangunan penghalang. Metode yang digunakan untuk perhitungan kebisingan berdasarkan “ The book of Calculation of Road Traffic Noise“ yang diterbitkan oleh Departement of Transport, Welsh Office, HMSO,1988, dimana  jalan MT.Haryono dibagi dalam  5 segmen pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebisingan  tertinggi terjadi pada Segmen I (Mega Matahari)  pada hari kerja/Senin dengan nilai  sebesar 68,78 dB(A), sedangkan nilai kebisingan terendah  terdapat pada hari kerja/Rabu dengan nilai sebesar 58,16 dB(A). Kedua nilai tersebut masih berada di bawah standar baku mutu kebisingan yang disarankan oleh KepMen LH No.48 Tahun 1996, yaitu sebesar 70 dB(A). Hasil prediksi  tingkat kebisingan  pada tahun 2018  pada Segmen 4 di depan Lippo Plaza meningkat menjadi 60,34 dB(A). Dengan demikian, nilai kebisingan diruas jalan MT.Haryono ini, baik kondisi eksisting dan  kondisi prediksi akibat adanya centra bisnis Lippo Plaza masih berada di bawah standar baku kebisingan yang disyarankan oleh KepMenLH No.48 Tahun 1996, yaitu sebesar 70 dB(A) yang berarti kebisingan yang terjadi  masih dapat diterima tanpa adanya gangguan. Kata Kunci: Kebisingan, Pembagian Segmen, Lippo Plaza

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

stabilita_jtsuho

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering Transportation

Description

STABILITA hadir karena tuntutan intelektual dalam merespon isu-isu aktual terkait berbagai problematika dan menjadi wadah informasi bidang Teknik Sipil dalam konteks kekinian. Jurnal STABILITA ini mengangkat tulisan/karya ilmiah bidang Teknik Sipil (kajian transportasi, kajian struktur, kajian ...