Medika Tadulako
Vol 5, No 2 (2018)

MANAJEMEN WAKTU BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI UNIVERSITAS TADULAKO

Kiay Demak, Indah Puspasari (Unknown)
Mansur, Siti Rahma (Unknown)
Hutasoit, Gina Andyka (Unknown)
Sulistiana, Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2019

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Kurikulum PBL melibatkan mahasiswa pada proses pembelajaran mandiri dalam berbagai aspek kegiatan belajar yang dapat berdampak positif atau negatif pada hasil akademik mahasiswa tergantung bagaimana mahasiswa dapat mengatur waktu pada jadwal perkuliahan. Tujuan: Untuk mengetahui manajemen waktu belajar mahasiswa program studi kedokteran dalam PBL di Universitas Tadulako. Metode: Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara mendalam. Terdapat 1 informan kunci dan 12 informan biasa. Hasil penelitian: Faktor internal individu seperti rasa malas, menunda-nunda waktu belajar, kebiasaan datang terlambat kuliah, mengerjakan tugas 1 jam dari deadline, berbagai aktivitas non akademik, jadwal yang padat dan banyaknya tugas yang harus dikerjakan mempengaruhi manajemen waktu belajar. Strategi mahasiswa dalam memanajemen waktu belajar yaitu bertanya pada teman sejawat mengenai hal yang berkaitan dengan learning objektif PBL,fokus menerima materi kuliah, dan membuat jadwal harian. Alasan pentingnya manajemen waktu belajar bagi mahasiswa kedokteran karena dalam lingkup dunia kedokteran belajar memang dibutuhkan terus-menerus untuk meningkatkan wawasan dan skill sebagai seorang tenaga medis. Manajemen waktu belajar akan berpengaruh pada peningkatan kemampuan mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dari skenario yang ditutorialkan serta keaktifan dalam berdiskusi. Kesimpulan: Mahasiswa kedokteran tahun IV Universitas Tadulako masih merasa kesulitan memanajemen waktu belajarnya dengan efektif dan efisien dalam mendukung padatnya aktivitas kemandirian belajar pada pelaksanaan PBL. Kata Kunci: PBL, Manajemen Waktu Belajar

Copyrights © 2018