JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 6 No 1 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan

Pengaruh Pengajaran Sejarah Nasional Indonesia terhadap Sikap Patriotisme Siswa Kelas XI SMA PGRI 1 Lubuklinggau

Yeni Asmara (STKIP PGRI Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan pengaruh pengajaran Sejarah Nasional Indonesia terhadap sikap patriotismsiswa kelas XI SMA PGRI 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2009/2010.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA PGRI 1 Lubuklinggau yang berjumlah 40 orang siswa.Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan wawancara.Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus product moment.Hasil orientasi sementara menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah belum kondusif untuk memberikan pengaruh terhadap sikap patriotisme siswa.Lemahnya kesadaran sejarah di kalangan siswa SMU tersebut, tentu saja disebabkan oleh berbagai faktor yang menyangkut; substansi, pendekatan, maupun strategi pembelajaran yang kurang menunjang. Dari hasil penghitungan menggunakan product moment menunjukkan bahwa t hitung 0,136 < t tabel 0,316. Dengan demikian, tidak ada pengaruh pengajaran sejarah nasional terhadap sikap patriotisme di SMA PGRI 1 Lubuklinggau.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...