JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 7 No 2 (2013): Jurnal Perspektif Pendidikan

Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Sejarah

Yeni Asmara (STKIP PGRI Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2013

Abstract

Pembelajaran Sejarah di lapangan menunjukkan sebagian besar kegiatan pembelajaran Sejarah memposisikan pelajar sebagai objek. Siswa tidak mendapat kesempatan untuk membangun dan memberikan interpretasinya terhadap materi yang diberikan yang berhubungan dengan tujuan pengajaran yang akan dicapai. Tantangan yang akan dihadapi guru Sejarah pada saat ini dan masa yang akan datang adalah menuntut guru agar mempunyai peran yang besar dalam pengembangan kreativitas, salah satunya adalah kemampuan guru Sejarah dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada siswa, memberikan keleluasaan pada peserta didik untuk merekonstruksi, menafsirkan, dan menuangkan gagasan-gagasan yang dimiliki siswa. Selain itu, paradigma baru pembelajaran Sejarah menggunakan konstruktivisme, dan pengembangan keterampilan berpikir, pemilihan metode atau media yang dapat menunjang dan mengembangkan kreativitas siswa serta adanya kesepahaman dari semua guru Sejarah tentang esensi dari pemebelajaran Sejarah itu sendiri.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...