JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 8 No 2 (2014): Jurnal Perspektif Pendidikan

HUBUNGAN KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN DENGAN KEMAMPUAN MENYAMPAIKAN ISI LAPORAN SECARA LISAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUARA KULAM

Rika Diana (STKIP PGRI Lubuklinggau)
Noermanzah N. (STKIP PGRI Lubuklinggau)
Nur Nisai Muslihah (STKIP PGRI Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2014

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan menulis laporan perjalanan dengan kemampuan menyampaikan laporan secara lisan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Kulam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini seluruh populasi yang berjumlah 52 orang. Teknik analisis data dengan langkah-langkah yaitu menghitung nilai individu kemampuan menulis laporan perjalanan dan menghitung nilai individu kemampuan menyampaikan isi laporan secara lisan, kemudian menghitung tingkat korelasi variabel X dan Y dengan menggunakan rumus indeks korelasi “r” Produck Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan menulis laporan perjalanan dengan kemampuan menyampaikan laporan secara lisan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Kulam. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan rhitung yang diperoleh lebih besar daripada rtabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,86 > 0,274.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...