Suatu penelitian telah dilakukan pada ruas Jalan Hasanudin – Yos Sudarso di Kabupaten Sikka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui LHR kendaraan, Angka Ekivalen masing – masing kendaraan, nilai truck factor (TF) sehingga dapat mengetahui apakah ruas jalan yang diteliti mengalami overloading atau tidak dan untuk mengetahui berapa pengurangan umur pelayanan ruas Jalan Hasanudin – Yos Sudarso akibat overload tersebut. Overloading merupakan suatu kondisi dimana kendaraan membawa muatan lebih dari batas muatan yang telah ditetapkan baik ketetapan dari kendaraan maupun jalan. Tingkat kerusakan jalan akibat muatan lebih (overload ) berakibat pada hancurnya jalan sebelum umur teknis jalan tercapai sehingga akan mengurangi umur pelayanan jalan.Lalu lintas Harian Rata – rata ( LHR ) ruas Jalan Hasanudin – Yos Sudarso adalah 16.789 kendaraan / hari / 2 arah. Angka Ekivalen ( AE ) masing – masing jenis kendaraan dengan berat kendaraan normal adalah sebagai berikut : Sedan dan Jeep = 0,0004, Pick Up dan Minibus = 0,0004, Bus = 0,3006, Truck Engkel 2 Sumbu = 0,9499, Truck Besar 2 Sumbu, = 1,7599, Truck Tronton 3 Sumbu = 1, 1229 dan Truck Tempel 4 Sumbu = 2,0114. Hasil analisa data untuk dua jenis kendaraan yang memberikan beban lebih ( overload ) dari Jumlah Berat Ijin kendaraan untuk Jalan Kelas III, adalah sebagai berikut : Angka Ekivalen (AE) untuk Truck Tronton 3 Sumbu =6, 4817 dan untuk Truck Tempel 4 Sumbu = 3,4312. Nilai Truck Factor ( TF ) untuk jenis kendaraan Truck Tronton 3 Sumbu dan Truck Tempel 4 Sumbu lebih besar dari nilai Truck Factor ( TF ) normal = 1, maka disimpulkan kedua jenis kendaraan tersebut mengakibatkan ruas Jalan Hasanudin – Yos Sudarso mengalami overloading.
Copyrights © 2017