Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Vol 8 No 1 (2017)

Importance Perfomance Analysis Pelaku Usaha UKM Sektor Kuliner di Pekanbaru

Suci, Afred (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2017

Abstract

Tingginya jumlah pelaku kuliner UMKM di Pekanbaru mendorong munculnya upaya-upaya para pelaku usaha untuk memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor, khususnya dalam hal keunggulan pelayanan. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis persepsi pelanggan pada pelayanan kuliner di sejumlah pelaku usaha UMKM di Pekanbaru. Populasi penelitian terdiri dari para pelanggan rumah makan, dimana sampel terdiri dari 145 orang pelanggan yang dipilih secara convenience sampling. Variabel penelitian adalah kualitas pelayanan kuliner DINESERV yang terdiri dari 5 dimensi yaitu: bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Analisa data menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kualitas pelayanan kuliner sudah memuaskan yaitu pada dimensi jaminan (80%), empati (70%), daya tanggap (69%) dan kehandalan (66%), kecuali pada dimensi bukti fisik yang masih kurang memuaskan (58%). Aspek-aspek kualitas pelayanan kuliner yang masih perlu diperbaiki adalah: area parkir, dekorasi rumah makan, kenyamanan dan kebersihan area makan, ketepatan pelayanan di jam-jam sibuk serta menu yang mudah dibaca dan menarik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jikb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, ...