cover
Contact Name
Dion
Contact Email
dionwijoyo@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
stmik_dpr@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis
Published by STMIK Dharmapala Riau
ISSN : 20873921     EISSN : 25989715     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal ini terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November berisi artikel tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil penelitian dan non penelitian, kajian analitis, aplikasi teori dan review tentang masalah-masalah bisnis, sistem informasi, dan komputer akuntansi baik di lembaga eksekutif, legislatif maupun di masyarakat. Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas serta menyebarluaskan kajian ilmu komputer dan bisnis sekaligus sebagai wadah komunikasi di antara cendekiawan, praktisi, mahasiswa dan pemerhati masalah-masalah ilmu komputer dan bisnis.
Arjuna Subject : -
Articles 335 Documents
Prototype Robot lengan Pemindah Barang dengan Kendali Lengan Manusia berbasis Arduino UNO Satria, Devit; Wati, Lidya
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 10 No 1 (2019)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi berbasis mikrokontroler pada abad 21 terjadi dengan sangat cepat. Kemajuan ini dapat dirasakan dengan munculnya banyak peralatan mutakhir yang bisa dioperasikan dengan menggunakan komputer maupun beberapa tombol sederhana. Untuk mengatasi kekurangan tubuh manusia yang mana tidak dapat mengangkat beban yang sangat berat, melakukan tugas yang berulang-ulang dan pekerjaan berbahaya yang membutuhkan konsistensi tinggi, maka manusia membutuhkan sebuah alat yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tubuh manusia akan mengalami kelelahan sehingga akan mengakibatkan kondisi tubuh yang tidak sehat serta penyelesaian pekerjaan menjadi terkendala. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis merancang sebuah alat Prototype Robot Lengan Pemindah Barang Dengan Kendali Lengan Manusia Berbasis Arduino Uno. Pada skripsi ini, penulis berharap penerapan sistem kontrol robot lengan yang dirancang dapat berfungsi dengan sepenuhnya dan dapat mengatasi semua permasalahan yang ada. Prototype Robot Lengan Pemindah Barang Dengan Kendali Lengan Manusia ini akan sangat memudahkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal pekerjaan yang berulang-ulang, serta pekerjaan dengan beban yang berat, pengguna cukup menggunakan kontroler pada lengannya untuk mengendalikan robot lengan sesuai gerakan yang diinginkan terhadap pekerjaan tertentu sehingga resiko kelelahan dapat berkurang serta pekerjaan dapat dilakukan secara cepat dan efisien.
Dampak Pilkada Serentak 2015 dan 2017 Terhadap Abnormal Return dan Volume Perdagangan Saham Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia Jange, Beno
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 8 No 2 (2017)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji dampak pemilihan kepala daerah (pilkada) di Indonesia pada tahun 2015 dan 2017 terhadap harga saham di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan event study selama 5 hari sebelum dan sesudah event date. Event date pilkada 2015 adalah pada tanggal 9 Desember 2015 sedangkan event date pilkada 2017 adalah pada tanggal 15 Februari 2017. Sampel yang digunakan adalah perusahaan yang tergabung dalam sektor perbankan periode Desember 2015 sampai Februari 2017. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia dan Pusat Data Pasar Modal. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi harga saham penutupan harian, IHSG, volume perdagangan saham harian dan jumlah saham yang beredar. Return ekspektasi menggunakan market adjusted model. Sedangkan sampel yang digunakan adalah saham-saham yang termasuk dalam sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya abnormal return pada pilkada serentak 2015 dan 2017. Namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah peristiwa baik untuk abnormal return maupun trading volume activity pada pilkada serentak 2015 dan 2017. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pilkada serentak 2015 dan 2017 berpengaruh namun tidak signifikan terhadap harga saham dan aktivitas volume perdagangan saham sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia.
Perancangan Perangkat Keras Auto Switch On Desktop Computer pada CV Sinar Pagi Group Pekanbaru ., Meirosadi
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 2 No 2 (2011)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi informasi, yang didominasi oleh percepatan perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi serta perangkat keras dan elemen-elemen komputer yang terkait membuat semua menjadi mudah.Perangkat keras merupakan salah satu elemen dari sistem elemen, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung yang mendukung proses komputerisasi. Perangkat keras komputer terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu CPU (Central Processing Unit), Input Device, dan Output Device.
Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Java pada STMIK Dharmapala Riau Pekanbaru Wyanaputra, Johan
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 7 No 1 (2016)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi dan informasi yang semakin pesat ini memberikan manfaat positif tentang pengetahuan dan penguasaan teknik informasi, salah satunya adalah perpustakaan STMIK Dharmapala Riau. Melalui aplikasi berbasis Java ini dapat memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan peminjaman dan pengembalian buku. Aplikasi ini dibuat menggunakan software Java dengan database MySQL yang merupakan salah satu aplikasi untuk melakukan rancangan desain pada program secara visual dan penyimpanan data. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang memberikan kemudahn serta kenyamanan untuk konsumen dalam melakukan peminjaman dan pengembalian buku, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga serta dapat memenuhi pelayanan terhadap peminjam dibandingkan sebelumnya.
Perancangan Sistem Informasi dengan menggunakan metode Economic Production Quantity di perusahaan Rivan Garment Wongso, Fery
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 4 No 2 (2013)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perencanaan produksi dan penyediaan bahan baku merupakan dua hal yang berkaitan. Banyaknya bahan baku yang tersedia ditentukan oleh jumlah produk yang akan dibuat pada suatu periode tertentu. Bahan baku merupakan salah satu dari beberapa faktor produksi utama untuk menjamin terlaksananya kegiatan produksi pada suatu perusahaan dengan baik. Ketepatan persediaan kebutuhan akan bahan baku di suatu perusahaan sangatlah penting, karena apabila persediaan kebutuhan akan bahan baku tersebut kurang ataupun habis, akan menghambat bahkan dapat menghentikan kegiatan produksi pada suatu perusahaan. Namun di sisi lain, persediaan yang banyak juga akan menambah biaya penyimpanan dan pemeliharaan yang berdampak pada tingginya harga produk yang dihasilkan walaupun dapat menjamin kelancaran produksi. Karena itu, perlu diadakan suatu kegiatan perencanaan kebutuhan material yang bertujuan untuk menjamin tersedianya bahan baku pada saat dibutuhkan oleh Rivan Garment sesuai dengan jadwal produksi yang telah ditetapkan, sehingga tidak terjadi kekurangan bahan baku dan biayanya minimal. Penggunaan metode Economic Production Quantity (EPQ) ini dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan persediaan yang optimal dalam satu periode  dalam suatu perusahaan dinilai  efektif untuk mengatasi permasalahan persediaan bahan baku. Metode EPQ ini akan diaplikasikan dengan membuat program yang akan membantu perusahaan dalam pengoptimalan persediaan yang ada. Dengan adanya program ini pihak perusahaan dapat dengan mudah menentukan berapa jumlah bahan baku yang akan disediakan dan dapat meminimalkan biaya persediaan yang akan dikeluarkan. 
Analisis Kinerja Keuangan Pada Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Anggaran 2011-2014 ., Zaharman
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 7 No 2 (2016)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur dan menganalisis kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi  untuk tahun anggaran 2010-2014. Adapun kinerja Keuangan yang diukur dan dianalisis dalam penelitian ini adalah : Rasio Kemandirian, Rasio Efektivitas PAD, Rasio efisiensi keuangan daerah, Rasio Keserasian, rasio pertumbuhan dan proporsi APBD. Jenis Penelitian ini adalah Penelitain Deskriptif Kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan  observasi terhadap objek yang diteliti. Sedangkan alat analisis yang digunakan peneliti dalam penelitian ini berupa rasio-rasio keuangan untuk pemerintah daerah. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Anggaran 2010 - 2014 secara keseluruhan mengalami peningkatan dari setiap periodenya jika ditinjau dari tingkat kemandirian, tingkat efektifitas dan tingkat pertumbuhan. Namun tingkat keserasian belanja daerah masih mengalami penurunan pada pengalokasian belanja publik dibanding dengan belanja aparatur.
Pengaruh Media Jejaring Sosial Facebook terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bukittinggi Ameliza, Kiki
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 8 No 1 (2017)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecendrungan masyarakat saat ini yang menghabiskan banyak waktu untuk bermain facebook termasuk guru sangat mengkhawatirkan.  Mengingat guru adalah contoh dan tauladan bagi peserta didik, maka perlu untuk mengetahui seberapa besar facebook mempengaruhi kinerja para guru. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan interview (wawancara). Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru MAN 1 Bukittinggi yang berjumlah 72 orang. Sampel penelitian berjumlah 36 orang yang diambil secara acak dengan teknik simple random sampling. Adapun teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Angket diberikan dalam bentuk angket tertutup yang terdiri dari 30 pernyataan. Dengan menggunakan alternatif jawaban yaitu sangat setuju, setuju, ragu-ragu, tidak setuju, sangat tidak setuju. Data yang diperoleh dilakukan pengolahan dengan uji hipotesis  menggunakan rumus koefisien korelasi “r” Product Moment. Tetapi sebelumnya dilakukan uji persyaratan dengan uji normalitas .   Setelah dilakukan uji normalitas diperoleh kedua data berdistribusi normal. Langkah selanjutnya pengolahan data menggunakan rumus koefisien korelasi “r” Product Moment, untuk data kelompok diperoleh hasilnya 0,73. Selanjutnya dilakukan interpretasi dengan menggunakan pedoman interpretasi secara kasar maka diperoleh hasil facebook memiliki kontribusi yang cukup kuat. Selanjutnya mencari besarnya kontribusi diperoleh bahwa facebook memberikan kontribusi sebesar 53,29%. Dilanjutkan dengan menguji tingkat signifikansi diperoleh thitung = 9,098 dan ttabel=1,70. Dengan demikian thitung ≥ ttabel ; artinya terdapat hubungan yang signifikan antara facebook dengan kinerja guru. Ternyata thitung > ttabel , maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara facebook dengan kinerja guru. Facebook  memberikan kontribusi sebesar 53,29 % pada kinerja guru dan sisanya diberikan oleh faktor yang lain.
Pengaruh Stress Kerja Terhadap Prouduktivitas Kerja dengan Emotional Quetient Sebagai Variabel Moderating ., Sehani
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 6 No 2 (2015)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh stres kerja terhadap produktivitas kerja dengan emotional quotient sebagai variable moderating pada dosen Perguruan Tinggi Agama Islam di Kota Pekanbaru. Permasalahan yang dikemukakan adalah apakah stres kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja dan apakah emotional quotient berpengaruh signifikan terhadap hubungan antara stres kerja dengan produktivitas kerja dosen Perguruan Tinggi Agama Islam di Kota Pekanbaru. Populasi penelitian adalah dosen Perguruan Tinggi Agama Islam di Kota Pekanbaru. Variabel dalam penelitian adalah stres kerja, produktivitas kerja dan emotional quotient. Metode pengolahan data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan regresi moderate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja dosen Perguruan Tinggi Agama Islam di Kota Pekanbaru. Kemudian berdasarkan hasil penelitian diketahui juga bahwa emotional quotient berpengaruh siginifikan terhadap hubungan antara stres kerja dengan produktivitas kerja dosen di Perguruan Tinggi Agama Islam di Kota Pekanbaru. Jadi dapat dikatakan bahwa emotional quotient bisa menjadi variable moderating antara variabel stres kerja dan produktivitas kerja.
Analisis Perbandingan Tingkat Akurasi Timbangan Digital Dan Manual Sebagai Alat Pengukur Berat Badan Anak Hulu, Fitria Nova
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 9 No 1 (2018)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menguji tingkat akurasi pada saat melakukan pengukuran berat badan terhadap anak-anak, dan untuk membuktikan apakah timbangan digital lebih tinggi tingkat akurasinya dibandingkan dengan timbangan manual. Parameter pengukuran dilakukan dengan melihat kondisi usia setiap anak dan menyesuaikannya dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah, khususnya Departemen Kesehatan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis perbandingan terhadap usia setiap anak dengan periode perkembangan anak sesuai dengan standar Pemerintah. Hasil penelitian menyatakan bahwa tingkat akurasi antara timbangan digital dan timbangan manual memiliki pengaruh yang sangat penting dalam melakukan pengukuran berat badan anak, sehingga masalah-masalah pada anak terkait dengan perkembangan anak bisa dideteksi lebih dini. Sehingga tingkat tumbuh kembang anak bisa disesuaikan dengan  standard yang ditetapkan oleh Pemerintah.
Sistem Penunjang Keputusan Dengan Dukungan Sistem Basis Data Fuzzy Model Tahani Untuk Pembelian Rumah Perumnas D., Syahtriatna
Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis Vol 1 No 1 (2010)
Publisher : STMIK Dharmapala Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Pengambilan Keputusan dengan dukungan Basis Data Fuzzy Model Tahani dan diimplementasikan dengan program aplikasi yang dibuat menggunakan Visual Basic .Net 2008. Dimana data dikumpulkan melalui observasi secara langsung dan kajian tentang kriteria dalam pemilihan pembelian rumah. Kajian ini untuk mengetahui secara langsung permasalahan yang ada, sehingga dapat di implementasikan dengan Sistem Pengambilan Keputusan dengan dukungan Basis Data Fuzzy Model Tahani. Selanjutnya data dianalisa dan dipahami teknik pendukung keputusan yang akan digunakan dalam pengolahan data yang diperoleh terutama pada prosesnya menggunakan Basis Data Fuzzy Model Tahani, dengan menggunakan data yang bersifat fuzzy, baik itu untuk pembelajaran maupun pengujian. Dari pelatihan dan pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa berdasarkan hasil implementasi dengan program aplikasi maka pengambilan keputusan pemilihan pembelian rumah dapat dilakukan dengan cepat.

Page 1 of 34 | Total Record : 335