Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1, No 2 (2017)

MODEL BATU BASAH (BACA TULISKAN, BACA SAMPAIKAN HASILNYA) UNTUK MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 DAN 14 BINJAI

Mandra Saragih (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Habib Syukri Nasution (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2017

Abstract

Kegiatan IbM ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa di sekolah, siswa juga mengalami kesulitan untuk menyampaikan hasil bacaannya dalam lisan dan tulisan, dan sekolah kesulitan dalam mengelola kegiatan literasi di sekolah karena belum semua warga sekolah berpartisipasi dalam kegiatan ini.Adapun metode yang ditawarkan pada kegiatan ini adalah dengan menerapkan pola “Batu Basah” yang merupakan akronim dari proses recepetif menjadi produktif yaitu Baca Tuliskan, Baca Sampaikan Hasilnya. Kegiatan program IbM ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pengelolaan kegiatan membaca kepada pengelola perpustakaan dan seluruh guru di lokasi mitra sebagai bagian penting dalam mengembangkan budaya baca ini. Kemudian beberapa siswa turut pula dilatih tentang tips membaca efektif. Di akhir program, sudah terjadi peningkatan minat baca siswa dan menurunnya tingkat kesulitan siswa dalam menyampaikan hasil bacaan. Ditambah lagi pihak sekolah sudah mulai tersistem dalam mengelola kegiatan literasi di sekolah sehingga semua warga sekolah berpartisipasi dalam kegiatan ini, dan sudah memiliki format untuk menyampaikan hasil bacaan baik dalam bentuk lisan dan tulisan.

Copyrights © 2017