Integral : Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2017): INTEGRAL

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KESADARAN DIRI SISWA SMP

Jajang Rahmatudin (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Rifqi Hidayat (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
Ishar Bahtiar (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dankesadaran diri siswa dengan menggunakan model pembelajaran matematika yang baru,pengunaan model Problem Based Learning dianggap cocok untuk meningkatkankemampuan berpikir kreatif matematis dan kesadaran diri siswa karena pada tahapanmenyelesaikan masalah siswa dituntut untuk mengeluarkan ide-ide yang baru dan siswadibebaskan untuk mencari sumber materinya sendiri. Penelitian ini merupakan penelitiankuasi eksperimen yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018, padatanggal 31 Juli – 31 Agustus 2017 di SMP Islamiyah Weru yang beralamat di Desa WeruLor Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIsemester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Terdapat dua kelas yang digunakan dalampenelitian ini yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol,dalam pelaksanaannya kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem BasedLearning dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Penelitian ini menghasilkanuji perbedaan nilai N-Gain kemampuan berpikir kreatif matematis diperoleh nilai sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaanpeningkatan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dari hasil thitung sebesar 6,134dapat dikatakan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis yangmenggunakan model Problem Based Learning lebih baik dibanding dengan yangmenggunakan model pembelajaran konvensional dan hasil uji perbedaan nilai N-Gainkesadaran diri diperoleh nilai sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapatdisimpulkan adanya perbedaan peningkatan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol,dari hasil thitung sebesar 7,330 dapat dikatakan bahwa peningkatan kesadaran diri siswa yangmenggunakan model Problem Based Learning lebih baik dibanding dengan yangmenggunakan model pembelajaran konvensional.Kata kunci: Berpikir kreatif matematis, Kesadaran diri, Problem Based Learning

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JNR

Publisher

Subject

Mathematics

Description

INTEGRAL: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang ...