Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 3, No 1 (2017): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS XI TGB A SMKN 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Arif Mahdiyanto (Unknown)
Eko Supri Murtiono (Unknown)
AG Thamrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2016

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara mengggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Project Based Learning; (2) Mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar ranah afektif antara mengggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran Project Based Learning;(3) Mengetahui ada atau tidak perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik antara mengggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaranProject Based Learning pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan kelas XI TGB A SMK N 2 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang dilaksanakan di kelas XI TGB A. Teknik pengambilan sampel digunakannonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda untuk data hasil belajar siswa pada ranah penilaian kognitif dan observasi untuk data hasil belajar siswa pada ranah afektif dan psikomotorik. Analisa data menggunakan uji wilcoxcon dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, ada perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Project Based Learning (0.000 < 0,05). Kedua, tidak ada perbedaan hasil belajar ranah afektif antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Project Based Learning(0.221 > 0.05). Ketiga, tidak ada perbedaan hasil belajar ranah afektif antara menggunakan model pembelajaran Konvensional dan model pembelajaran Project Based Learning (0.497 > 0.05).

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...