Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 1, No 1 (2015): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KELAS X TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014 – 2015

Dewi Ardiyawati (Unknown)
Anis Rahmawati (Unknown)
Rima Sri Agustin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2015

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan peran aktifsiswa dalam proses belajar mengajar dengan model pembelajaran kooperatifteknik Make a Match, (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswapada mata pelajaran Mekanika Teknik dengan model pembelajaran kooperatifteknik Make a Match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atasperencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan datayang digunakan adalah observasi, dokumentasi, tes dan tugas. Uji validitas datamenggunakan teknik triangulasi data dan analisis data secara analisis interaktif.Hasil penelitian menunjukkan (1) Model pembelajaran kooperatif teknik Make aMatch dapat membuat siswa berperan aktif dalam proses belajar mengajar, (2)Prestasi Belajar siswa: Ranah Kognitif pada pra siklus 29,17%, Siklus I 66,67%dan Siklus II 83,33%; Ranah Afektif pada pra siklus berpredikat Baik (B) 8 siswa,Siklus I berpredikat Sangat Baik (SB) 2 siswa dan berpredikat Baik (B) 12 siswa,dan Siklus II berpredikat Sangat Baik (SB) 5 siswa dan 19 siswa berpredikat Baik(B); Ranah Psikomotorik pada pra siklus 25,00%, Siklus I 62,50% dan Siklus II83,33%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatifteknik Make a Match dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam mengikutipembelajaran. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make a Matchmeningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TSB SMK Negeri 5 Surakarta padamata pelajaran Mekanika Teknik.Kata Kunci: Make a Match, Prestasi Belajar, Mekanika Teknik

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...