Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 2, No 02 (2019)

Interaksi Politik Jawara dalam Pembangunan Perspektif Tindakan Komunikatif

Neka Fitriyah (Program Studi Komunikasi Fisip Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jl. Raya Jakarta Km 4, Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten 42124 - Indonesia)
Sarwititi Sarwoprasodjo (Program Studi Komunikasi Pembangunan Pertanian dan Perdesaan Institut Pertanian Bogor Jln. Kamper Kampus IPB, Dramaga-Bogor 16620 – Indonesia)
Sofyan Sjaf (Program Studi Sosiologi Pedesaan Perdesaan Institut Pertanian Bogor Jln. Kamper Kampus IPB, Dramaga-Bogor 16620 – Indonesia)
Endriatmo Soetarto (Program Studi Sosiologi Pedesaan Perdesaan Institut Pertanian Bogor Jln. Kamper Kampus IPB, Dramaga-Bogor 16620 – Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2020

Abstract

Jawara sebagai elite lokal di Pandeglang merupakan kekuatan kultural yang memiliki otoritas dalam menentukan sikap dan perilaku politik masyarakat. Aktivitas komunikasi Jawara dalam politik mengarah pada upaya-upaya dalam membangun konsensus politik. Karena kepentingan ini, tidak sedikit Jawara terjebak pada persoalan-persoalan pragmatis. Permasalahan ini kemudian menjadi krusial karena kesahihan dan validitas pesan yang disampaikan Jawara dalam membangun konsesnus politik memberi corak tersendiri dan dampak bagi pembangunan. Pendekatan teknokrasi, paternalistik dan clientism di Pandeglang mengakibatkan kesahihan dan validitas pesan yang disamapaikan sulit terwujud karena cenderung dipenuhi oleh praktik marginalisasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkonstruksi interaksi politik Jawara dalam pembangunan; (2) mendekatkan persoalan interaksi politik Jawara dalam perspektif teori tindakan komunikatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Pengamatan dilakukan pada level makro dan mikro, interaksi politik diamati baik dalam aktvitas politik informal maupun aktivitas politik formal yang didominasi oleh Jawara. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) konstruksi dari interaksi politik Jawara dalam pembangunan belum memberikan manfaat sepenuhnya terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Banten; (2) teori tindakan komunikatif dalam penelitian ini tidak bisa secara an sich melihat pembangunan dalam konteks tujuan dari tindakan komunikatif itu sendiri tetapi perlu juga disandingkan dengan realitas struktur dan kultur masyarakat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...