Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 2, No 01 (2019)

Kegagalan Komunikasi Politik Dinasti dalam Pemilukada Kota Serang 2018

Indrianti Azhar Firdausi (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Serang Raya Jl. Raya Serang-Cilegon Km. 5, Taman Drangong, Serang - Indonesia)
Ahmad Sururi (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Serang Raya Jl. Raya Serang-Cilegon Km. 5, Taman Drangong, Serang - Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini membahas komunikasi politik pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Serang: Vera dan Nurhasan yang berasal dari dinasti politik di Provinsi Banten. Pasangan tersebut percaya diri maju dalam kontestasi pemilihan umum walikota Serang tahun 2018 karena mendapat dukungan dari sejumlah partai besar dan beberapa pihak. Namun hasil akhir pemilihan, Vera-Nurhasan kalah. Hal tersebut disebabkan sebagai komunikator politik mereka belum matang dalam berpolitik. Pesan politik mereka dianggap tidak tepat dengan jargon “Menuju Kota Serang Cantik” di tengah kesemrawutan infrastruktur kota. Masyarakat kota yang rasional tidak memilih calon walikota dari keluarga dinasti. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teori realitas sosial. Paradigma penelitian yang digunakan adalah interpretatif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...