Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 2, No 1 (2019)

Hubungan Game Online terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa kelas VIII SMP N 1 Ampek Angkek Tahun Pelajaran 2018/2019

Rahmadila Rahmadila (Unknown)
M Imanuddin (IAIN Bukit Tinggi)
Haida Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti di SMP N 1 Ampek Angkek dimana banyak siswa menjadi pemain dalam game online  walaupun mereka bermain game online mereka masih mendapatkan nilai yang di atas KKM dalam sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan game online dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang dilaksanakan di SMPN 1 Ampek Angkek. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah game online dan  variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 114 siswa, dengan jumlah sampel 29 siswa yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai hubungan Pearson Product Moment,  pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan interpretasi koefisien hubungan nilai  terletak pada selang  yang berarti korelasi antara kedua variable (game online dengan kemampuan berpikir kritis) tergolong sangat rendah. Berdasarkan uji signifikansi diperoleh  Karena nilai  maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang tidak signifikan antara game online dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 1 Ampek Angkek

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...