VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 3, No 1 (2012): APRIL

PENINGKATAN SIKAP NASIONALISME MELALUI METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANAGARAAN DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN

Sapto Purnomo (STKIP Persada Khatulistiwa Sintang)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa melalui metode simulasi pada pembelajaran PKn di SMA Negeri  1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan disain dengan Kemmis dan Mc Taggart. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi , da refleksi. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus, masing-masing tiga kali pertemuan. Pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru  PKn yang mengajar di kelas X , sebagai kolaborator yang berperan melaksanakan tindakan. Peneliti bertindak sebagai perencana pembelajaran dan observer tindakan. Sedangkan siswa kelas X sebagai subjek yang dikenai  tindakan. Jenis tindakan yang dilakukan adalah pembelajran PKn  dengan metode simulasi. Data peningkatan sikap nasionalisme di noeroleh melalui pengamatan, wawancara, dan tes sikap yang kemudian dianalisis dengan membandingkan hasil tes sikap sebelum tindakan dan sesudah tindakan, serta hasil pengamatan setiap siklus.  Hasil penelitian menunjukan bahwa metode simulasi pada siklus I dengan materi Sumpah Pemuda dapat meninggalkan sikap nasionalisme siswa. Hal ini di tunjukan dengan tanggpan positif siswa sebelum tindakan besar 72,22% menjadi  80,56% setelah tindakan. Penerapan metode simulasi pada siklus II dengan materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, siswa yang menunjukan sikap positif sebesar 97,22. Berdasarkan peningkatan skor tanggapan siswa pada siklus I dan II dapat d simpulkan bahwa poenerapan metode simulasi dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan sikap nasionalisme siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Seyegan.Kata kunci: sikap nasionalisme, metode simulasi, pendidikan kewarganegaraan

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...