Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan
Vol 8, No 2 (2019): Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan

KORELASI ANTARA KESADARAN METAKOGNISI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN KEANEKARAGAMAN MAHLUK HIDUP KELAS VII SMP NEGERI 3 SUNGAI KAKAP

Pratama Amanda (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Arif Didik Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Hanum Mukti Rahayu (Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2019

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 75 disebabkan rendahnya kesadaran metakognisi siswa dalam proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman mahluk hidup di SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada 51 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII B dan VII C di sekolah SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Kesadaran metakognisi siswa diukur menggunakan angket MAI (metacognitive Awareness Inventory) yang dikembangkan oleh Schraw & Dennison  sedangkan hasil belajar siswa diambil dari nilai ulangan harian siswa kelas VII B dan VII C SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, persentase kesadaran metakognisi siswa SMP Negeri 3 Sungai Kakap pada pelajaran IPA khususnya materi keanekaragaman mahluk hidup terdapat tiga kategori yaitu 55% kategori sangat tinggi, 33,3% kategori  tinggi, 11,7% kategori sedang. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman mahluk hidup kelas VII B 78,52 dan kelas VII C 80,03 artinya siswa sudah mampu melewati KKM yang ditentukan sekolah yaitu 75. Hasil penelitian dengan N=51 diperoleh sig 0,00. Sig 0,00 ≤ 0,01 menunjukkan adanya korelasi yang positif antara kesadaran metakognisi dangan hasil belajar IPA khususnya materi keanekaragaman mahluk hidup. Besarnya korelasi antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajar ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,524 dengan tingkat hubungan keduanya cukup kuat. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan terdapat hubungan positif antara kesadaran metakognisi dengan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPK

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pena Kreatif merupakan jurnal pendidikan yang akan menerbitkan hasil penelitian dosen maupun guru. Jurnal pene Kreatif akan diterbitkan dua jenis terbitan: (1) Media Cetak, (2) Elekronik/online Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan menerbitkan artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian di ...