Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol 1, No 2 (2015)

BAHASA IBU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Tita Puspitasari (Unknown)
Ai Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2015

Abstract

Belajar merupakan suatu proses usaha seseorang untuk memperoleh pengetahuan, perubahan sikap, sertra keterampilan. Dan bahasa sebagai bagian dalam kehidupan sangat berpengaruh terhadap perkembangan pengetahuan, pengalaman, dan komunikasi. Sebagai bahasa resmi kenegaraan, bahasa Indonesia digunakan dalam setiap kegiatan yang bersifat resmi kenegaraan, termasuk sebagai bahasa pengantar dalam bidang pendidikan. Secara nasional kedudukan bahasa Indonesia adalah pada tingkat pertama, bahasa daerah pada tingkat kedua, dan bahasa asing pada tingkat ketiga. Tetapi bagi sebagian besar orang Indonesia, dilihat dari segi emosional, keakraban, dan perolehan, bahasa daerah menduduki tingkat pertama, bahasa Indonesia menduduki tingkat kedua, dan bahasa asing pada tingkat ketiga. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pembelajaran bahasa Indonesia, dan memungkinkan terjadinya campur kode. Maka dalam tulisan ini akan dibahas mengenai wujud dari Campur kode tersebut. Adapaun metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiolinguistik. Berdasarkan hasil penelitian Rulyandi, dkk. Peristiwa campur kode tidak hanya dilakukan oleh siswa melainkan juga oleh gurunya.Peristiwa tersebut terjadi antara pemakaian bahasa Indonesia dengan bahasa ibu (bahasa daerah), karena bahasa ibu sudah melekat pada diri siswa sejak kecil, sedangkan saat pembelajaran dituntut untuk menggunakan bahasa Indonesia, sehingga secara spontan mengkombinasikan kedua bahasa tersebut. Dan hal tersebut sudah merusak tatanan bahasa Indonesia.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Major issues in Teaching, Teaching Assesment , Learning Media, Development Subject of Education, and Management of Education. ...