Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya

Tema Humor Pada Iklan Serta Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Pesan Iklan dan Buying Readiness Stages

Dessy Yunita (Universitas Sriwijaya)
Eko Fitrianto (Universitas Sriwijaya)
Nofiawaty . (Universitas Sriwjaya)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2018

Abstract

Tujuan penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk menguji pemilihan tema iklan humor serta pengaruhnya terhadap tahap proses pembelian.Desain/Metodologi/Pendekatan – Penelitian ini menggunakan desain konklusif dengan single cross sectional. Jumlah sample sebanyak 200 responden merupakan orang yang pernah menonton iklan yang menjadi objek penelitian ini. Tema iklan, sikap, pemahaman serta buyer readiness stages digunakan untuk membahas hasil penelitian.Temuan – Tema humor mampu mempengaruhi sikap dan perilaku, sementara sikap dan perilaku tersebut mampu mempengaruhi pemahaman terhadap pesan iklan serta buyer readiness stages. Namun, pemahaman terhadap pesan iklan tidak mampu mempengaruhi buyer readiness stages.Keterbatasan penelitian – Tema humor menjadi fokus pada penelitian ini, dimana terdapat beberapa tema iklan lain yang dapat digunakan, seperti tema keluarga, olahraga, dan lain lain. Penelitian lanjutan dapat dilakukan pada tema lain dan penggunaan media selain media televisi.Originality/value – Penelitian ini mencoba menjelaskan secara komprehensif mengenai hubungan penggunaan tema iklan, pemahaman pemirsa terhadap iklan dan pengaruhnya terhadap buyer readiness stages.

Copyrights © 2017