Kimia merupakan pelajaran yang sangat erat dalam kehidupan. Banyak produkyang dapat dikaitkan dengan pelajaran kimia, sehingga pembelajaraan kimia dapat dikemasdengan lebih kontekstual dan membekali siswa untuk berwirausaha. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mengetahui kontribusi pembelajaran hidrokarbon dengan menggunakankolaborasi konstruktif dan inkuiri berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) pada hasilbelajar dan minat berwirausaha siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuasieksperimentaldi SMAN 1 Jepara. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi,tes, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswakelas eksperimen sebesar 72,41 dengan ketuntasan mencapai 78,38%, sedangkan rata-ratakelas kontrol sebesar 68,68 dengan ketuntasan 56,76%. Rata-rata minat berwirausaha siswakelas eksperimen setelah perlakuan sebesar 76,22, dan sebanyak 81,08% siswa memilikinilai e†68. Sementara itu, kelas kontrol rata-rata minat berwirausaha hanya sebesar 63,60dan 27,03% siswa memiliki nilai e†68. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaranhidrokarbon dengan menggunakan kolaborasi konstruktif dan inkuiri berorientasi CEPmeningkatkan hasil belajar dan minat berwirausaha siswa. Kata Kunci: konstruktif, inkuiri, chemo-entrepreneurship
Copyrights © 2009