Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2019)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GEOGEBRA DENGAN PENDEKATAN TEORI VAN HIELE PADA POKOK BAHASAN NILAI MAKSIMUM DAN MINIMUM

Kurniawan, I G. D (Unknown)
Sugiarta, I M (Unknown)
Suweken, G (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika berbasis Geogebra dengan pendekatan teori van Hiele pada pokok bahasan nilai maksimum dan minimum. Model pengembangan yang digunakan adalah Model 4-D (define, design, develop, disseminate) tetapi hanya dilaksanakan hingga tahap 3 (develop).Teknik anaisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Negara dengan melibatkan 9 orang sebagai peserta uji coba. Terdapat tiga aspek yang dikaji dalam pengembangan media pembelajaran ini, yaitu: (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor dari ahli media pembelajaran adalah 4,67(sangat tinggi), oleh pengajar adalah 4,30 (sangat tinggi), persentase kepraktisan oleh guru 97,75% (sangat tinggi),persentase kepraktisan siswa sebesar 90% (sangat tinggi), dan hasil tes efektifitas media pembelajaran adalah 88,89%.Berdasarkan hasil uji coba tersebut media yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam pokok bahasan nilai maksimum dan minimum. KataKunci:Geogebra, Maksimum, Media, Minimum, Teori van Hiele  AbstractThis research is a development research that aimed to produce Geogebra-based mathematics learning media based on the van Hiele learning theory, subject of maximum and minimum values. The development model used is the 4-D Model (define, design, develop, disseminate) but the model is only execated up to the third stage (i.e. development stage). Data analysis used are qualitative and quantitative descriptive data analysis techniques. The study was conducted in SMA N 2 Negara involving 9 people as trial participants. There are three aspects studied in the development of this learning media, namely: (1) validity, (2) practicality, and (3) effectiveness. The results showed that the average score of the learning media expert is 4.67 (very high), by the teacher is 4.30 (very high), the percentage of practicality by the teacher is 97.75% (very high), the percentage of student practicality is 90% (very high), and the results of the learning media effectiveness test are 88.89%. Based on the results of the trial, the developed media meets the criteria of validity, practicality, and effectiveness in the subject matter of maximum and minimum values. Keywords: Geogebra, Maxsimum, Media, Minimum, van Hiele Theory

Copyrights © 2019