Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kualitas pelaksanaan diklat lesson study pada guru IPA di SMA Negeri 3 Singaraja; (2) menganalisis pengaruh pelaksanaan diklat lesson study kompetensi pedagogi guru (3) menganalisis pengaruh diklat lesson study berpengaruh terhadap kompetensi professional guru SMA Negeri 3 Singaraja; (4) menganalisis pengaruh diklat lesson study terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 3 Singaraja.Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian one group pretset-postest design. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Data tentang kualitas lesson study dianalisis secara deskriptif, data tentang kompetensi profesional guru serta kompetensi pedagogi guru dianalisis dengan wilcoxon signed-rank test (Uji peringkat bertanda) dan data prestasi belajar siswa dianalisis dengan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kualitas pelaksanaan lesson study dalam kualifikasi diklat lesson study SMA Negeri 3 Singaraja tergolong sangat baik (98,35); (2) terdapat pengaruh pelaksanaan diklat lesson study terhadap kompetensi professional guruSMA Negeri 3 Singaraja (Z= -2,032; p
Copyrights © 2014