Jurnal CARE
Vol 5, No 2 (2018)

Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar

Syamsuardi Syamsuardi (Universitas Negeri Makassar)
Hajerah Hajerah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan pada lembaga PAUDdi Kota Makassar, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemilihan model pembelajaran danuntuk mengetahui keterkaitan antara penggunaan model pembelajaran dengan tingkat kepercayaanmasyakat. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif, yaitu suatu metode yangmengamati, menganalis dan menggambarkan fenomena yang terjadi yang meliputi: planing, organizing,actuating, controlling dan faktor-faktor yang memiliki kontribusi terhadap penerapan model pembelajaranpada satuan PAUD di Kota Makassar. Jenis dan sumber data menggunakan jenis data kualitatif dengansumber data responden yang dibagi menjadi dua yaitu: sumber primer dan sumber sekunder. Dengandemikian peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data.Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru Taman Kanak-Kanak di Kota Makassar. Pemilihaninforman dilakukan dengan menggunakan tehnik tehnik cluster random sampling dengan teknik analisisdata mengikuti langkah- langkah seperti yang dianjurkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data,display data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaanmodel pembelajaran di taman kanak-kanak kota makassar pada umumnya digunakanmodel pembelajaransentra, kelompok dan area yang didominasi oleh model pembelajaran sentra. Adapun faktor yangmempengaruhi penerapan model pembelajaran adalah ketersediaan sumber daya manusia dan saranaprasarana lembaga. Sementara keterkaitan tingkat kepercayaan masyarakat dengan penggunaan modelpembelajaran ditemukan bahwa penggunaan model sentra memiliki tingkat kepercayaan masyarakat yanglebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran lainnya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical ...